Bupati Gunungkidul Mengajak Perempuan Memiliki Daya Saing

21 April 2019

Bupati  Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Badingah mengajak perempuan di daerahnya untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas supaya memiliki daya saing dalam menghadapi industri 4.0 dan perkembangan teknologi.

Badingah di  Gunungkidul, Minggu, mengatakan pada 21 April ini, dirinya mengucapkan selamat hari Kartini kepada perempuan seluruh Kabupaten  Gunungkidul.

"Mari kita bersama-sama dengan semangat hari Kartini ini, kita perempuan  Gunungkidul tetap harus meningkatkan kualitas dan kapasitas supaya memiliki daya saing," ajak Badingah.

Menurut dia, kapasitas dan kualitas perempuan yang bagus, maka akan dapat mendukung kesejahteraan keluarga dan kesejahteraan masyarakat di  Gunungkidul.

"Perempuan adalah ujung tombak dalam membangun peradaban dan kemajuan suatu bangsa, sehingga perempuan harus selalu meningkatkan kapasitas dan kualitas supaya tidak terbelakang," katanya.

Ia mengatakan seiring perkembangan teknologi dan industri 4.0, perempuan menghadapi tantangan, baik sebagai seorang ibu atau sebagai tenaga kerja. Sebagai seorang ibu, perempuan harus paham teknologi, karena anak-anak di pelosok sudah memakai gawai telepon genggam. Peranan seorang ibu sangat dibutuhkan dalam pengawasan terhadap anak.

Selain itu, perempuan harus mandiri secara ekonomi sehingga mampu membantu perekonomian keluarga. Perkembangan sektor pariwisata, bisa menjadi peluang perempuan dalam menunjukan eksistensi diri dalam bidang ekonomi.

"Perempuan harus mandiri secara ekonomi, mampu menguasi teknologi, sekaligus mampu meningkatkan perekonomian keluarga. Untuk menunjukan kesetaraan gender, perempuan  Gunungkidul harus meningkatkan kualitas dan kapasitas," katanya.